Home Kampus Pelantikan Kepala Perpustakaan IAIN Antasari
Pelantikan Kepala Perpustakaan IAIN Antasari

Pelantikan Kepala Perpustakaan IAIN Antasari

Sehubungan telah diangkatnya Dr. Sukarni, M.Ag menjadi Dekan pada Fakultas Syariah IAIN Antasari maka terjadi kekosongan pada jabatan Kepala Perpustakaan yang selama ini beliau jabat. Untuk menggantikan posisi sebagai Kepala Perpustakaan yang kosong Rektor IAIN Antasari mengangkat Akhmad Syaikhu, S.Ag., SS, MSI, salah satu alumni Jurusan Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia tahun 1999 sebagai Kepala Perpustakaan baru.
Dr. Sukarni, M.Ag. cukup lama menjabat Kepala Perpustakaan yakni sejak Oktober 2008 sampai Maret 2012. Penggantinya, Akhmad Syaikhu, diangkat sebagai Kepala Perpustakaan berdasarkan Surat Keputusan Rektor IAIN Antasari Nomor : In.04/I.4/Kp.07.6/34/2012 tanggal 29 Februari 2012. Acara pelantikan dan serah terima jabatan dilaksanakan tanggal 6 Maret 2012 bersamaan dengan acara pelantikan dan serah terima jabatan beberapa pejabat di lingkungan IAIN Antasari, antara lain Kepala Puskom, Pembantu Dekan I, II dan III Fakultas Syari'ah, Kasubbag Kopertais, dan Kasubbag pada PPM.
Sebagai kepala Perpustakaan Baru Akhmad Syaikhu berkomitmen untuk meneruskan program-program yang baik yang telah dilakukan oleh para pimpinan terdahulu termasuk oleh Dr. Sukarni, M.Ag, dan akan berupaya untuk meningkatkan performa Pusat UPT Perpustakaan berkembang menjadi perpustakaan modern dengan mengembangkan sistem pelayanan berbasis teknologi Informasi mutakhir. Beberapa program yang diunggulkan antara lain mengembangkan sistem otomasi terpadu antara perpustakaan Pusat dan Fakultas, mengembangkan sistem layanan informasi berbasis Web, mengembangkan digitalisasi koleksi terutama untuk karya-karya yang lahir dari institusi IAIN Antasari seperti skripsi, tesis, disertasi, karya penelitian dosen, karya peneliti, artikel jurnal, dan karya-karya ulama Banjar. Selain itu ia juga bertekad meningkatkan peran profesional pustakawan untuk berkontribusi dalam pembangunan perpustakaan di lingkungan sekolah, khususnya sekolah madrasah yang dianggap sangat tertinggal. Akhmad Syaikhu menyatakan optimis dapat mewujudkan gagasan tersebut karena telah memiliki modal SDM yang handal di Pusat UPT Perpustakaan. Selain itu ia berkeyakinan gagasan itu akan didukung oleh pimpinan IAIN Antasari.

  • Share

BERITA TERKAIT